Jumat, 29 Maret 2013

tugas bahasa indonesia

DESKRIPSI rumahku
Rumahku terletak di kota jakarta. Aku tinggal bersama bapak, ibu, kakak, dan keponakanku di rumah yang cukup sederhana itu. Di depan rumahku terdapat sungat yang airnya cukup jernih. Sungai tersebut berada pas di depan rumahku. Hanya saja masih diberi batas antara sungai itu dengan halaman rumahku yang cukup luas. Di sekeliling rumahku terdapat rumah saudaraku, dan di belakang rumahku terdapat rumah kakek dan nenekku. Di sebelah kanan sungai itu terdapat jalan utama.
Tidak jauh dari rumahku, kira-kira hanya 10 meter terdapat sebuah masjid yang bernama masjid Baiturrahman. Pada saat bulan Ramadhan, masjid itu selalu penuh, sampai-sampai ada yang ikut solat di halaman masjid. Karena di daerahku yang merupakan daerah pegunungan, dari rumahku kira-kira naik 12 meter lagi terdapat SD, SD tersebut merupakan SDku, sedangkan di sebelah SD terdapat gedung sanggar belajar yang digunakan sebagai tempat pertemuan karang taruna, serta tempat pembelajaran anak-anak, yaitu TPA.
Rumahku yang cukup sederhana dan berukuran cukup luas itu setiap 1 bulan sekali digunakan sebagai tempat penimbangan balita-balita serta pemeriksaan ibu hamil oleh bidan dari puskesmas. Apabila pada waktunya untuk pemilihan bupati dan yang lainnya, rumahku digunakan sebagai tempat pemilihan. Di sebelah rumahku, tepatnya di halaman rumahku sebelah kiri terdapat lapangan badminton, tetapi lapangan itu terbuka, sehingga anginnya tidak terkontrol. Lapangan itu digunakan sebagai tempat bermain badminton oleh anak-anak. Kadang-kadang bapakku dan kakakku jika ada waktu luang ikut bermain. Tidak jauh dari rumahku terdapat pemakaman umum yang letaknya kira-kira 30 meter. pemahaman itu terletak di bagian awal desa Andonglawak. Rumah-rumah yang berada di desa Andonglawak letaknya cukup berdekatan, serta penduduknya juga termasuk banyak.